andrea pirlo

Andrea Pirlo Jadi Pelatih Anyar Juventus U-23

Posted on

Salah satu legenda Juventus, yaitu Andrea Pirlo dikabarkan kembali merapat ke Allianz Stadium. Namun kedatangan Pirlo kali ini bukan sebagai pemain, melainkan sebagai pelatih. Maestro lini legendaris asal Italia itu diberi kepercayaan untuk mengangani tim Juventus U-23. Pekerjaan ini akan menjadi penanda karir kepelatihan seorang Pirlo usai pensiun sebagai pemain.

Nama Pirlo dipilih manajemen Juve untuk menggantikan pelatih Juventus U-23 atau biasa disebut Juventus B sebelumnya, yakni Fabio Pecchia. Kubu Juve sendiri terpaksa memberhentikan Pecchia usai ia gagal membawa Juventus B bisa promosi ke ajang Serie B. Ini cukup mengejutkan, lantaran Pecchia sendiri sukses antarkan Juventus B meraih gelar juara Coppa Serie C Italia.

Keputusan Juve sendiri menunjuk Pirlo untuk jabatan pelatih Juventus B adalah rekomendasi dari sang Presiden Klub langsung, yakni Andrea Agnelli. Diketahui Agnelli terinspirasi dari dua sosok pelatih hebat saat ini, yaitu Pep Guardiola dan Zinedine Zidane.

Baik Guardiola maupun Zidane sebelum seterkenal sekarang, sama sama memulai karir kepelatihannya dari bawah atau dari tim Junior. Zidane sebelum melatih Real Madrid, adalah pelatih untuk Real Madris Castilla atau Real Madrid B. Sedangkan Guardiola, sebelum memperkenalkan tiki taka bersama Barcelona, ia merupakan pelatih kepala tim Barcelona B. Kini keduanya merupakan sosok pelatih yang miliki reputasi baik di sepakbola dunia.

Pirlo sendiri tidaklah asing dengan Juventus, lantaran ia pernah meraih cukup banyak kesuksesan bersama Juventus. Didatangkan Juve dari AC Milan pada tahun 2011, Pirlo menghabiskan waktu 4 musim sebelum dilepas kembali di tahun 2015. Bersama Juve, Pirlo sukses meraih 4 gelar Scudetto, 1 Coppa Italia, dan 1 Piala Super Italia.

Pernyataan Juventus soal Andrea Pirlo

“Petualangan baru untuk seorang Andrea Pirlo dan Juventus akan dimulai pada hari ini. Usai lima tahun berpisah, kami kini bekerjasama lagi.” tulis perwakilan Juventus di laman resmi Juventus.

“Andrea adalah pelatih baru untuk tim U-23 kami. Ada tantangan besar yang ada di depan kami, dan kami begitu senang ia bisa datang kembali. Selamat datang kembali Coach Pirlo.” jelas mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *